8 Cara Mudah Pakai Paylater Akulaku

Cara Mudah Pakai Paylater Akulakun hanya beberapa langkah. Dunia keuangan digital telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan munculnya berbagai layanan pinjaman online yang menawarkan kemudahan akses dana untuk kebutuhan sehari-hari.

Salah satu layanan tersebut adalah Akulaku PayLater, yang telah menjadi sorotan belakangan ini akibat beberapa kontroversi terkait regulasi dan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku.

cara mudah pakai paylater akulaku

Apa Itu Akulaku PayLater?

Akulaku PayLater adalah produk layanan kredit online yang disediakan oleh PT Akulaku Finance Indonesia. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk berbelanja dengan menggunakan kredit yang disediakan, dengan kemudahan proses dan syarat yang relatif mudah dibandingkan dengan pinjaman tradisional.

Pengguna bisa melakukan transaksi belanja online maupun offline tanpa perlu membayar secara langsung, melainkan dapat melunasi kreditnya dalam waktu yang ditentukan.

Ketentuan Pengguna Layanan Paylater

Pengguna memahami bahwa Layanan PayLater ini mencakup layanan pembiayaan multifungsi dengan pembayaran secara angsuran baik dengan metode Cicilan maupun dengan metode Tunda Bayar, sesuai dengan Peraturan OJK No. 35 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Yang bisa menjadi Pengguna Layanan Paylater adalah:

  1. Pengguna yang telah diberikan Limit Paylater oleh Akulaku Finance.
  2. Berusia minimal 17 (tujuh belas) tahun.
  3. Menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna memiliki hak, wewenang, dan kapasitas untuk melaksanakan Syarat dan Ketentuan ini.
Baca juga:  3 Cara Menghapus Akun Akulaku dengan Mudah dan Cepat

Limit PayLater terdiri dari “Limit PayLater Cicilan” dan “Limit PayLater Tunda Bayar” yang diberikan kepada Pengguna secara terpisah, dengan penentuan jumlah dan perubahan keduanya tunduk pada ketentuan di bawah.

Untuk mendapatkan Limit Paylater seperti yang disebutkan di atas, Pengguna harus mengajukan permohonan Limit Paylater kepada Akulaku Finance melalui Aplikasi Pihak Ketiga atau Aplikasi Akulaku Finance, dan menjalani proses verifikasi Data serta informasi lainnya sesuai prinsip KYC yang disyaratkan oleh Akulaku Finance.

Dalam rangka memenuhi verifikasi Data dan KYC terkait dengan pengajuan Limit Paylater, Pengguna setuju untuk membagikan seluruh Data sebagaimana diminta oleh Akulaku Finance. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tindakan Akulaku Finance untuk melindungi Data Pengguna terkait pengalihan Data dalam hal ini, mohon merujuk kepada Kebijakan Privasi.

Pengguna yang telah melewati proses verifikasi Data dan KYC dari Akulaku Finance dan telah memperoleh layanan pembiayaan atau limit kredit untuk pembiayaan yang diberikan oleh Akulaku Finance, dapat langsung menikmati Layanan PayLater dengan meningkatkan akun tanpa harus mengulangi proses verifikasi Data.

Dalam hal ini, jumlah Limit Paylater yang dapat dinikmati oleh Pengguna tersebut akan ditentukan kembali oleh Akulaku Finance berdasarkan upaya mitigasi risiko.

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Akulaku Finance memiliki hak penuh untuk:

  1. Menolak atau menerima permohonan Pengguna untuk menggunakan Layanan PayLater berdasarkan diskresi penuhnya, termasuk mengubah kriteria penilaian tersebut.
  2. Menentukan Limit Paylater yang akan diberikan kepada Pengguna untuk digunakan.
  3. Menaikkan atau mengurangi Limit Paylater yang telah diberikan kepada Pengguna dari waktu ke waktu, termasuk mengubah Limit PayLater Cicilan setelah dipergunakannya Limit PayLater Tunda Bayar, atau sebaliknya.
Baca juga:  Cara Merubah Data Pekerjaan di Akulaku 100% Berhasil

Baca juga 5 Cara Melihat Kontak Darurat di Akulaku 100% Berhasil

Proses Pendaftaran Akulaku PayLater

Proses pendaftaran untuk mendapatkan akses ke Akulaku PayLater cukup sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi Akulaku dari Google Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi Akulaku dan pilih opsi “Daftar”.
  3. Masukkan nomor telepon seluler dan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.
  4. Buat kata sandi untuk akun Anda.
  5. Isi data diri Anda dengan lengkap dan benar.
  6. Unggah foto KTP dan foto selfie dengan KTP sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  7. Unggah dokumen pendukung lainnya sesuai permintaan Akulaku.
  8. Tunggu proses verifikasi data dan dokumen Anda oleh tim Akulaku.

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan mendapatkan notifikasi apakah pengajuan Anda disetujui atau tidak dalam waktu maksimal 24 jam. Jika disetujui, Anda akan mendapatkan limit kredit yang dapat digunakan untuk bertransaksi dengan menggunakan Akulaku PayLater.

Kelebihan Akulaku PayLater

Meskipun mendapat kritik dan pembatasan dari OJK, Akulaku PayLater memiliki sejumlah kelebihan yang menjadi daya tarik bagi penggunanya. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  • Pembayaran yang fleksibel dan mudah.
  • Proses pengajuan yang cepat dan mudah.
  • Tanpa perlu membayar uang muka (DP).
  • Berizin resmi dari OJK, sehingga dianggap lebih aman.
  • Limit kredit yang tinggi dengan bunga yang kompetitif.
  • Layanan pelanggan yang aktif 24 jam.
  • Pengiriman produk yang cepat, terutama untuk wilayah Jabodetabek.
  • Kemudahan dalam proses retur dan refund barang.
Baca juga:  Solusi Pembayaran Akulaku PayLater Tidak Muncul di TikTok Shop

Isu Terkini seputar Akulaku PayLater

Baru-baru ini, Akulaku PayLater menjadi sorotan karena mendapat sanksi pembatasan kegiatan usaha tertentu (PKU) dari OJK akibat dugaan pelanggaran terhadap tindakan pengawasan fitur paylater yang disediakan. Meskipun demikian, perusahaan sedang berupaya melakukan perbaikan agar bisa beroperasi kembali.

Alternatif Layanan PayLater Selain Akulaku

Bagi yang mengalami kesulitan karena pembatasan Akulaku PayLater, ada beberapa alternatif layanan paylater lain yang dapat dipertimbangkan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Shopee Paylater (SpayLater).
  • Gojek Paylater (GoPay Later).
  • LinkAja PayLater.
  • AdaKami.
  • JULO Paylater.

Meskipun sedang mengalami pembatasan dari OJK, Akulaku PayLater tetap menjadi salah satu opsi populer untuk belanja online dengan pembayaran nanti.

Namun, bagi yang mengalami kendala atau kekhawatiran terkait layanan ini, ada banyak alternatif layanan paylater lain yang dapat dipertimbangkan. Yang terpenting, pastikan untuk menggunakan layanan ini dengan bijak dan bertanggung jawab agar tidak menimbulkan masalah keuangan di masa mendatang.

Tinggalkan komentar